DEALER ISUZU CIKARANG BEKASI

Jl. Imam Bonjol No. 168A Cikarang Bekasi Tlp. 0812 8146 1616 - 087741663126

Menu

Isuzu GIGA Kuat dan Hemat Solar

Thursday, July 27th 2017.

Isuzu sungguh serius ingin memperlihatkan betapa perusahaan kendaraan komersial berbasis mesin diesel ini pantas menjadi pemimpin di segmen kendaraan komersial di pasar Jepang.

Sehari setelah memperlihatkan fasilitas pabrik Isuzu Fujisawa kepada 30 konsumen kelas kakap setia asal Indonesia, Isuzu memboyong mereka ke WAcom Hokkaido Proving Ground.

Isuzu GIGA Kuat dan Hemat Solar

WAcom bukanlah tempat biasa. Inilah fasilitas pengujian kendaraan berjalan milik swasta yang disewa sejumlah manufaktur dunia untuk melakukan uji coba kendaraan dan komponen, termasuk ban, sistem suspensi, dan perangkat pengereman. Isuzu sendiri menjadi salah satu pihak penyewa eksklusif. Isuzu bahkan memiliki fasilitas “Isuzu Premium Club” dalam bentuk bagunan terpisah.

“Kami memiliki enam sirkuit pengujian dalam berbagai macam karekter, termasuk cross country, di mana Isuzu selalu menggunakannya sebagai tempat pengujian kendaraan-kendaraannya,” kata managing director WAcom Hokkaido Ltd. Tadashi Shouda.

Tapi yang ingin dibuktikan Isuzu kali ini bukan sebatas pada performa dan durabilitas truk diesel ciptaanya. Lebih jauh si Rajanya Diesel berusaha meyakinkan betapa truk-truk yang dipasarkan di seluruh dunia bisa memberi keuntungan lebih kepada pengusaha angkutan.

Sekaligus pada kesempatan itu Isuzu ingin mengatakan bahwa seluruh truk terbarunya telah dirancang dengan teknologi tinggi. Dengan kata lain, seluruh teknologi yang disematkan merupakan hasil riset mendalam, sehingga sesuai untuk kebutuhan kendaraan-kendaraan komersial yang beroperasi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Pendeknya, pada kesempatan pengujian ini Isuzu berani bertaruh kalau truk yang telah dibeli konsumen-konsumen setianya di Indonesia mampu meringankan beban oprasional. Salah satunya dalam penghematan konsumsi solar dan penggantian komponen.

Karena itu, sekitar 30 konsumen setia diberi kesempatan untuk mencoba truk secara langsung di lintasan pengujian. Di sini Isuzu akan mengajarkan dua teknik, yaitu pelatihan kemahiran berkendara hemat bahan bakar dan penilaian dampak dari mengemudi hemat bahan bakar.

Empat truk Isuzu C&E-Series dengan merek dagang GIGA berpenggerak roda 6×2 dengan transmisi 7-speed manual disiapkan untuk kegiatan itu. Seluruh truk kelas berat tersebut merupakan unit-unit baru, lengkap dengan boks kargo aluminium tertutup.

Untuk diketahui, GIGA yang berbobot 25 ton mengusung mesin tipe 6UZ1-TCS bertenaga 380hp dengan suspensi udara. Terdapat dua model transmisi untuk GIGA, yaitu manual dan otomatis. Truk yang mengusai segmennya di Australia dan Selandia Baru, serta semakin kuat di pasar China dan Hong Kong tersebut diklaim mampu memangkas biaya operasional dan berkeselamatan tinggi.

Pada tahap pertama pengujian seluruh pengusaha truk asal Indonesia tersebut diberi kesempatan mengendarai GIGA di sirkuit lurus untuk pengujian kecepatan tinggi. Karena menganggap sebagai pengujian biasa, maka hampir semua peserta, termasuk Dapurpacu.com, melarikan GIGA dengan kebiasaan mengemudi sehari-hari.

Kami semua belum sadar bahwa kala itu sebenarnya Isuzu sedang melihat kebiasaan orang-orang Indonesia mengemudikan truk. Bahkan sebuah alat diagnosis canggih Mimamori (Monitoring) System memantau segala aktifitas berkendara, tanpa bisa dimanipulasi.

Dengan Mimamori System kita bisa tahu sebarapa tinggi pengemudi menginjak pedal gas, waktu menginjak rem, penggunaan transmisi, kecepatan laju, hingga kosekuensi pada penggunaan bahan bakar. Mimamory System sendiri merupakan alat besar sebesar lemari yang dikontrol sedemikian rupa lewat komputer dan mampu pengiriman data melalui GPS dan GPRS.

Hasilnya, semua peserta tercengang mana kala melihat lampiran hasil pengujian masing-masing yang dikeluarkan Mimamory System. Hampir semua peserta tergolong sebagai pengemudi yang tak efisien. Artinya, kami semua termasuk pemboros solar.

Sebagai contoh, pada pengujian pertama Dapurpacu.com hanya memperoleh total nilai 51 poin dari nilai maksimal 100 poin. Ironisnya, banyak di antara peserta yang justru meraih nilai di bawah 50 poin. Nilai tersebut menerangkan bahwa rata-rata peserta belum cukup efisien dalam mengendarai truk. Apalagi tak sedikit peserta yang melarikan truk hingga kecepatan di atas 80 km/jam.

Atas hasil tersebut, pihak Isuzu kemudian memberikan beberapa trik berkendara hemat bahan bakar. Kami dijelaskan tentang mengapa mendapat hasil buruk. Kami juga disarankan agar mengikuti langkah-langkah teknik efisiensi.

Dari situ, kami kemudian digiring masuk lintasan kembali. Metode yang telah diterangkan dijalankan setiap peserta. Hasilnya cukup mengejutkan. Rata-rata peserta mampu menaikkan nilai secara signifikan. Dapurpacu.com bahkan sanggup meraih total nilai 95 poin, atau selisih 5 poin dari dua peserta peraih nilai penuh 100 poin.

Dari hasil diagnosa diterangkan bahwa Dapurpacu.com telah membuat kecepatan laju ideal, di bawah kebiasaan sehari-hari. Waktu pelepasan transmisi juga dikatakan tepat dengan putaran mesin di bawah 1.200rpm. Sebanyak 61 persen perjalanan dicatat menggunakan gear paling tinggi, yaitu transmisi ke-7.

Kedalaman menginjak pedal gas dikatagorikan sangat ideal karena tidak terlalu dalam, dan sering melepas pedal gas ketika truk sudah meluncur d kecepatan ideal. Dapurpacu.com pun dinilai mampu memainkan putaran mesin untuk mengurangi laju, serta memanfaatkan rem dalam jarak penghentian yang tepat.

Dalam pengujian sejauh 2,8 km dengan waktu tempuh 5 menit Dapurpacu.com hanya menghabiskan solar sebanyak 0,7 liter atau menghasilkan rata-rata konsumsi bahan bakar 3,95 km/liter. Menurut Isuzu hasil yang diterima Dapurpacu.com tergolong sangat bagus (very good).

Padahal dalam pengujian pertama Dapurpacu.com hanya bisa menghasilkan rata-rata konsumsi bahan bakar 2,6 km/liter atau total 1,1 liter. Nilai buruk itu diterima karena ketika memacu di lintasan sepanjang 2,8 km Dapurpacu.com itu hanya membutuhkan waktu 4 menit. Bayangkan, untuk 1 menit waktu lebih cepat konsekuensi yang harus dibayar adalah 1 liter solar lebih boros

Mobil Terbaru

Related Article Isuzu GIGA Kuat dan Hemat Solar

Friday 28 July 2017 | Isuzu Cikarang

Isuzu Cikarang menjadi salah satu dealer yang mendistribusikan sekaligus menjual berbagai produk kendaraan bermotor pabrikan Isuzu. Meskipun berada di pulau Jawa, tetapi pihak dealer siap…

Tuesday 23 May 2017 | Isuzu Giga

Para pecinta mobil tangguh, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan keberadaan Isuzu Giga. Salah satu seri produk mobil yang diluncurkan oleh pabrikan asal Jepang…

Tuesday 18 July 2017 | Isuzu Giga

Isuzu GIGA FVM 34W memiliki Panjang wheelbase hingga 11,480 meter dengan beban berat dan volume besar (GVW 26 ton), yang di topang dengan mesin 6HK1…